February 15, 2013

Penyakit Kanker Leher Rahim atau Kanker Serviks

Penyakit-kanker-serviks
Penyakit Kanker Leher Rahim atau Kanker Serviks. Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu Penyakit Kanker yang paling banyak ditakuti oleh para kaum wanita.

Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiga nya. Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.

Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Penyakit Kanker Leher Rahim atau Kanker Serviks ini adalah sejenis kanker yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Kanker ini berupa pendarahan pada vagina, tetapi gejala kanker ini tidak terlihat sampai kanker memasuki stadium yang lebih jauh.

Lakukan deteksi dini dengan *Pap Smear ataupun test IVA (inspeksi visual dengan asam asetat, dll) untuk mengetahui adanya penyakit ini. Di negara berkembang, penggunaan secara luas program pengamatan leher rahim dapat mengurangi insiden terjadinya kanker leher rahim yang invasif.

Kebanyakan penelitian menemukan bahwa infeksi human papillomavirus (HPV) penyebab untuk semua kasus kanker leher rahim. Human papilloma virus (HPV) 16 dan 18 merupakan penyebab utama pada 99% kasus kanker serviks. Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun.

Proses penginfeksian ini sering tanpa disadari oleh para penderita, karena proses HPV kemudian menjadi pra-kanker sebagian besar berlangsung tanpa gejala. Oleh Karena itu, Vaksinasi Kanker Serviks sangat dianjurkan.[wikipedia,dharmais,singhealth]

*Pap smear adalah metode screening ginekologi, digunakan untuk mendeteksi kanker rahim yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV).

Related Posts

Penyakit Kanker Leher Rahim atau Kanker Serviks
4/ 5
Oleh :

2 comments

sungguh mengerikan kang

@cak oni
Benar Cak Oni, cukup menakutkan